Mengenal Tanaman Hias Krisan

 

 

Tanaman Hias Krisan, Uri florist, uri florist jogja, Jasa pembuatan taman jogja, jasa buat taman jogja, tukang taman, tukang taman jogja, jasa perbaikan taman jogja, jasa bikin taman joga, jasa renovasi taman jogja, jasa perawatan taman jogja, jasa buat relief taman jogja, jasa buat kolam taman jogja, dekorasi taman jogja, dekorasi tanaman jogja, rental tanaman jogja, sewa tanaman jogja, Uri florist, uri florist yogyakarta, Jasa pembuatan taman Yogyakarta, jasa buat taman Yogyakarta, tukang taman, tukang taman Yogyakarta, jasa perbaikan taman Yogyakarta, Jasa bikin taman Yogyakarta, jasa renovasi taman Yogyakarta, jasa perawatan taman Yogyakarta, jasa buat relief taman Yogyakarta, jasa buat kolam taman Yogyakarta, dekorasi taman yogyakarta, dekorasi tanaman Yogyakarta, rental tanaman Yogyakarta, sewa tanaman yogyakarta, jual tanaman hias yogyakarta, jual tanaman hias murah Yogyakarta, grosir tanaman hias yogyakarta, sentra tanaman hias Yogyakarta, desain taman Yogyakarta, jual aksesoris taman Yogyakarta, jual aksesoris tanaman Yogyakarta, konsultan taman Yogyakarta, konsultan landscape Yogyakarta, konsultan landscape Yogyakarta, arsitek taman yogyakarta, arsitektur taman yogyakarta, kontraktor taman Yogyakarta, landscape contractor Yogyakarta, landskap kontraktor Yogyakarta, lanskap kontraktor yogyakarta, jual tanaman hias jogja, jual tanaman hias murah jogja, grosir tanaman hias jogja, sentra tanaman hias jogja, desain taman jogja, jual aksesoris taman jogja, jual aksesoris tanaman jogja, konsultan taman jogja, konsultan landscape jogja, konsultan landscape jogja, arsitek taman jogja, arsitektur taman jogja, kontraktor taman jogja, landscape contractor jogja, landskap kontraktor jogja, lanskap kontraktor jogja, Desain taman rumah, gambar taman, contoh taman, design taman, model taman, taman rumah, desain taman kantor, desain taman sekolah, desain taman kampus, desain taman hotel, desain taman tropis, desain taman minimalis, desain taman vertikal, desain taman kolam, desain taman eropa, desain taman klasik, desain taman bali, desain taman cina, bibit tanaman, bibit pohon, pohon, tanaman perdu, tanaman semak, tanaman rambat, tanaman merambat, ground cover, tanaman penutup tanah, Budidaya tanaman hias Yogyakarta, budidaya tanaman hias jogja, jual bibit tanaman Yogyakarta, jual bibit tanaman jogja, bisnis tanaman hias, tanaman hias bunga, aneka tanaman hias, toko tanaman hias Yogyakarta, toko tanaman hias jogja, usaha tanaman hias Yogyakarta, usaha tanaman hias jogja,

KLASIFIKASI

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Sub Divisi : Angiospermae

Kelas : Dicotiledonae

Ordo : Asterales

Famili : Asteraceae

Genus : Crhysantemum

Spesies : Crhysantemum Morifolium, Crhysantemum indicium, Crhysantemum roseum, Crhysantemum maximum, Crhysantemum coccineum,  dan lain-lain

Tanaman Hias Krisan (Crhysantemum) adalah salah satu dari banyak tanaman yang mempunyai potensi untuk dikembangbiakkan secara komersial. Pada penggunaannya, tanaman ini dapat dikategorikan kedalam tiga jenis, yakni Cut Mum (Krisan Potong),  Pot Mum (Krisan Pot), dan Garden Mum (Krisan Kebun).

Tanaman Krisan berwarna kuning (Chrysanthemum indicum) merupakan tanaman krisan tertua yang berasal dari dataran Cina, yang mana sering disebut sebagai Seruni atau Bunga emas (Golden Flower). Tanaman Krisanthemum tersebut telah dikultivasikan sekitar 2500 tahun sebelum diperkenalkan dan banyak ditanam di dataran Eropa dengan berbagai jenis lainnya, seperti Chrysanthemum morifolium(warna ungu dan pink) dan Chrysanthemum daisy (bulat, ponpon).

Pada abad ke-4 , tanaman Krisan telah dibudidayakan di Jepang dan pada Tahun 797 bunga krisan dijadikan sebagai simbol kekaisaran Jepang dengan sebutan Queen of The East. Tanaman krisan dari Cina & Jepang menyebar ke kawasan Eropa & Perancis tahun 1795. Tahun 1808 Mr. Colvil dari Chelsa mengembangkan 8 varietas krisan di Inggris. Adapun jenis tanaman krisan modern doperkirakan mulai ditemukan pada abad ke-17 masuk ke Indonesia pada sekitar tahun 1800-an, yang kemudian sejak tahun 1940-an tanaman ini mulai dikembangkan secara komersial.

Jenis dan varietas tanaman krisan di Indonesia umumnya hibrida berasal dari Belanda, Amerika Serikat & Jepang. Krisan yg ditanam di Indonesia terdiri atas:

Krisan Lokal (Krisan Kuno)
Krisan lokal berasal dari luar negeri, tetapi telah beradaptasi dengan lingkungan tropis Indonesia. Ciri-cirinya antara lain sifat hidupnya di hari netral dan siklus hidupnya antar 7-12 bulan dalam satu kali penanaman. Salah satu contohnya adalah Crhysantemum maximum.

Krisan Introduksi (Krisan Modern atau Krisan Hibrida)
Ciri khas Krisan Introduksi antara lain sifat hidupnya berhari pendek, siklus hidupnya relatif singkat. Dan bersifat sebagai tanaman annual. Salah satu contohnya adalah Chrysanthemum indicum hybr.

Krisan Produk Indonesia
Balai Penelitian Tanaman Hias di Cipanas telah melepas varietas Krisan buatan Indonesia, yaitu varietas Balitji 27.108, 27.177, 28.7 dan 30.13A.
Setidaknya ada dua jenis krisan yang umum dibudidayakan oleh petani, yakni krisan standar dan krisan spray. Adapun krisan standar dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu :

Krisan Standar Hibrida
Karakteristik sistem budidaya krisan standar hibrida adalah jumlah bunganya hanya 1 kuntum pada satu tangakainya, bunganya bermekaran secara kompak, semourna dengan diameter 8 – 12 cm dan beraneka ragam warna. Selain itu bunga dan daun bebas dari serangan hama penyakit.

Krisan Standar Lokal

Ciri-ciri dari krisan standar lokal antara lain:

Jumlah bunga 2 – 3 kuntum/ tangkai.

Diameter bunga antara 12 – 15 cm.

Panjang tangkai bunga antara 70 – 80 cm.

Mekar bunga kurang kompak.

Bunganya hanya berwarna kuning dan putih.

Tidak bebas dari serangan hama dan penyakit.

Kesegaran bunga tidak lama, yaitu hanya mencapai 5 hari.

MANFAAT KRISAN SEBAGAI PENYERAP POLUTAN

Menurut peneliti dari Urban Horticulture unit, University of technology Sydney (Ronald Wood), penelitian tentang evektivitas tanaman menyerap polutan, Krisan merupakan tanaman penyerap formaldehid dan xylene.dalam penelitian itu, Wood, berpijak pada fakta bahwa tanaman mampu mendaur ulang oksigen, sehingga Wood menduga bahwa tanaman juga mampu mengurai senyawa lain.

Percobaan ini dilakukan dengan memasukkan aneka senyawa polutan konsentrasi tinggi kedalam ruangan tertutup, dimana tanaman dimasukkan didalamnya. Hasilnya mengejutkan, dalam waktu 24 jam, Krisan mampu menyerap 90% senyawa polutan dari udara. Senyawa itu meliputi formaldehid, benzena dan trichloroethylen. Dalam percobaan itu selain tanaman krisan, juga ada paku Boston, beringin dan dracaena. Secara sederhana dijelaskan, penyerapan polutan melalui stomata daun. Bekerjasama dengan bakteri di zona perakaran, tanaman menguraikan senyawa polutan tersebut. Hasilnya polutan menjadi senyawa nutrisi yang bermanfaat bagi bakteri pengurai dan juga bagi tanaman. 

SYARAT PERTUMBUHAN KRISAN

Iklim

Krisan dapat tumbuh baik pada daerah dengan ketinggian tempat diatas permukaan laut sekitar 700- 1200m dan dapat tumbuh juga hampir di semua tanah, dengan persyaratan mengandung banyak hara dalam tanah tersebut. sedangkan derajat keasaman (pH) yang baik untuk tanaman krisan adalah 5,5 – 6,5 dengan kelembaban 90 – 95% pada awal pertumbuhan akar dan 70-85% pada tanaman dewasa. Pada fase vegetatif, krisan membutuhkan kisaran suhu optimal 22o C – 28oC pada siang hari dan tidak melebihi 26oC pada malam hari. Sedangkan untuk fase generatif adalah 16oC- 18oC.

Media Tanam Krisan

– Tanah yg ideal utk tanaman krisan adalah bertekstur liat berpasir, subur, gembur & drainasenya baik, tidak mengandung hama & penyakit.

– Derajat keasaman tanah yg baik utk pertumbuhan tanaman sekitar 5,5-6,7.

BUDIDAYA KRISAN

Tanaman krisan dapat diperbanyak secara vegetatif maupun secara generatif. Perbanyakan secara vegetatif dilakukan dengan stek pucuk, sedangkan perbanyakan secara generatif dilakukan dengan biji. Stek yang telah diambil dari tanaman induk (mother plant ) terlebih dahulu diakarkan pada tempat pengakaran dalam kondisi hari panjang (pemberian lampu selama 4 jam pada malam hari). Setelah 14-20 hari dari tempat pengakaran stek sudah dapat ditanam diareal tanam atau pot. Untuk membudidayakan krisan potong diperlukan rumah lindung, berupa rumah plastik yang bertujuan untuk menghindari tanaman dari curahan hujan secara langsung, yang dapat memicu serangan hama dan penyakit dan kerusakan fisik oleh air hujan.

Mengenal Tanaman Hias Krisan | Diolah dari berbagai sumber

URI FLORIST | Jasa Pembuatan Taman | Jasa Perawatan Taman | Jasa Perbaikan Taman | Jasa Renovasi Taman | Lanskap Kontraktor | Jual Tanaman hias | Rental Tanaman

Leave a Reply

Online Support
Uri Florist Support | Jasa Pembuatan Taman Yogyakarta | Jasa Perawatan Taman Yogyakarta | Jasa Perbaikan Taman Yogyakarta | Jasa Renovasi Taman Yogyakarta | Lanskap Kontraktor Yogyakarta | Jual Tanaman hias Yogyakarta | Rental Tanaman Yogyakarta
Facebook

Uri Florist | Jasa Pembuatan Taman Yogyakarta | Jasa Perawatan Taman Yogyakarta | Jasa Perbaikan Taman Yogyakarta | Jasa Renovasi Taman Yogyakarta | Lanskap Kontraktor Yogyakarta | Jual Tanaman hias Yogyakarta | Rental Tanaman Yogyakarta

Random Gallery
Kamboja 1| Uri Florist Canna Lokal atau Ganyong | Uri Florist Cendrawasih | Uri Florist Yuliana | Uri Florist
Statistic Web
Subscribe via Email

Enter your email address to subscribe to this site and receive notifications of new posts by email.